Halaman

20 Oktober 2011

Cara Mensetting Wireless /Access Point linksys WAP54G

PENGERTIAN LINKSYS WRT54G
Linksys WRT54G adalah solusi praktis untuk memperluas jangkauan wireless aksespoint utama anda tanpa perlu menggunakan kabel atau dua buah perangkat wireless lagi. Kompatible dengan Linksys WAP54G, WRT54G dan WRT54GS. Sebagai repeater atau wireless expander Linksys WRE54G cocok digunakan untuk memperluas jangkauan hotspot anda cukup dengan memasangnya pada daerah yang menjangkau aksespoint utama anda. Cukup ringkas dan praktis karena tidak memerlukan adaptor listrik lagi jadi tinggal di tancapkan pada tembok/dinding yang terdapat colokan listrik langsung dapat digunakan untuk memperluas jangkaun hotspot anda. Linksys WRT54G merupakan Broadband Router yang dilengkapi dengan wireless b/g. WRT54G dapat dijadikan sebagai server gateway untuk koneksi internet anda, umumnya yang berkonseksikan “broadband internet accses”. Untuk mengkonfigurasi router ini sangatlah mudah.




CARA SETTING WRT54G :
Pasang kabel power adapter AP(aksespoint) ke listrik, dan colokin ke LinkSys WRT54G


1. Reset Akses Point

Tekan tombol reset di LinkSys WRT54G untuk membuat setingan jadi default, caranya adalah menekan tombol reset di belakang LinkSys WRT54G dengan menggunakan klik ato korek api kayu ato apapun. Tekan selama 1 jam (tekan selama 10 detik aja.. hhe)

 

2. Memasang Kabel LAN/UTP
Pasang kabel LAN ke LinkSys WRT54G. Kabel Lan ini adalah kabel yang menghubungkan HUB dengan PC (kalo cara manual). Asumsi ini adalah LAN sudah berjalan, dan anda cuman menjadikan wireless sebagai alternatif buat koneksi LAN.
Siapkan 1 komputer/notebook yang juga terhubung dengan jaringan yang sama, untuk mensetting LinkSys WRT54G.


3. kasih IP statisDefault IP notebokk/pc anda
 
Laptop/Notebook/PC kita kasih ip statis dengan alamat 192.168.1.* (bintang bisa diisi apa aja asal bukan 245 dan di bawah 255).

4. Cek koneksi ke AP
Cek kualitas koneksi ke AP dengan menggunakan perintah ping ke alamat 192.168.1.245, kalau ada reply lanjutkan langkah berikutnya.

5. Buka web administrator AP
 address default dari LinkSys WRT54G adalah 192.168.1.245, maka buka web browser, dan ketik 192.168.1.245 .Setelah anda masuk ke halaman setting, username kosongi saja, password anda isi admin. Klik ok. Setelah anda login, 
- silahkan pilih Wireless, dan pastikan yg kepilih MIXED
- Klik Wireless-Security, pilih security mode dengan WEP, gunakan encryption 40/64, isi pharaphrase, dan klik Generate. Untuk TX Key pilih angka 1 aja
- Setelah anda generate, maka akan muncul 4 macam password, bila anda pilih TX Key = 1, maka password yang anda perlukanatau yg digunakan  adalah Key 1. Setting password disini sangatlah penting, agar LAN anda tidak di acak-acak  oleh orang yang nggak berkepentingan.
- Save setting,… selesai.
 

Cara menggunakan WIFI,  Hidupkan laptop anda, dan aktifkan wirelessnya, atau bila anda menggunakan PC, hidupkan wireless dongle dan aktifkan wifi nya. Akan terlihat WIFI connenction bernama LinkSys ( atau nama yg telah anda setting sebelumnya.),
- Pilih koneksi itu, dan klik CONNECT
- Anda akan ditanyai password, isilah dengan password 1 tadi (KEY 1)
- Anda akan otomatis terkoneksi dengan LAN dengan WIFI

- SElesai..... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar