Laman

30 April 2012

Sejarah dan jenis-jenis windows XP


  • Sejarah Windows XP
Nama XP, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata experience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman baru didunia komputasi, atau setidaknya itulah yang diharapkan Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaannya memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0, dari Windows 3.1 ke Windows 95. Perubahan
revolusioner lagi akan terjadi pada peluncuran Microsoft Windows Vista .

Windows XP sendiri berbasis pada Windows NT dan termasuk dalam keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Windows 2000 dan 2003. Keluarga NT, termasuk yang server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server.
Windows XP sendiri sebelumnya dikenal dengan kode sandi ”whistler”, yang mulai dikembangkan oleh pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows ME (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi “Windows Neptune” yang diproyeksikan sebagai “Windows NT versi rumahan”.


Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) kedalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.

  •    Jenis-jenis Windows XP


1.  Windows XP Home Edition
Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi ini adalah dukungan jaringan, dimana Windows XP Home Edition tidak didesain untuk sistem yang banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional. Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, diantaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory , tidak memiliki sistem  berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Conection Sharing (ICS), dan masih banyak lagi kekurangan lainnya.
Windows XP Home Edition ditujukan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 98 dan Windows ME, karena kedua versi Windows tersebut tergolong kedalam basis kelas Windows pengguna rumahan.

2.  Windows XP Professional
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung kedalam sebuah jaringan, dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh klien yang bisa login secara bersamaan.

3.  Windows XP Professional x64 Edition
Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Althon 64 dan Opteron. Dari keluarga intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extented Memory 64 Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core.   
Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi ini hingga 16 terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, mengingat nomor seri yang digunakannya adalah 5.2.3790.

4.  Windows XP Starter Edition
Windows Xp Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Eukuador, Uruguay dan Venezuela). Menurut berbagai sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition dengan tujuan untuk memerangi sistem operasi GNU/Linux, karena sistem operasi tersebut popular di negara-negara dunia ketiga tersebut.

5.  Windows XP Media Center Edition
Windows XP Media Center Edition merupakan versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan diruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal video Recorder)


6.  Windows XP Tablet PC Edition
Windows XP Tablet PC Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentukya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop. Windows XP Tablet PC Edition dibangun berbasis Windows XP Professional, yang ditambahi dengan fitur pengenalan tulisan tangan (handwriting recognizition) yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP Professional biasa. Pada umumnya, sebuah tablet PC dilengkapi dengan layar sentuh.

1 komentar:

  1. Nice posting :))

    kunjungi juga web kami di
    http://stisitelkom.ac.id

    BalasHapus